putra mandaya

Mengenai Saya

Foto saya
gaya hidup masa kini...

Sabtu, 14 Mei 2011

Tips dan Trik

1. PC tidak menyala (tidak bisa menjalankan sistem operasi)


Jika PC tidak mau menyala, bukan berarti hardisknya yang rusak.Periksa dulu kabel power, mungkin terlepas atau aliran listrik yang terputus.Kalau listrik mengalir dan fan power supplay telah berputar, BIOS juga aktif,namun tidak bisa masuk ke sistem operasi, maka kemungkinan ada system file yang terhapus.Tandanya jika ada pesan invalid system disk atau missing operating system.
Problem yang boleh dibilang gawat adalah jika hardisk dari PC sama sekali gak mau diakses. Periksa dulu kabel datanya, kalau kabel data sudah terpasang denan baik dan bios bisa mendeteksi hardisk anda, maka kemungkinan penyebabnya adalah serangan virus, kerusakan secara mekanis, dan program-program buruk yang mengatur hardisk, menginstal system operasi yang berbeda, atau program partisi yang malah merusak hardisk, oleh karena itu hati-hati terhadapp vrus dengan mengupdate anti virus secara teratur dan jangan asal menginstal program.
Jika komputer masih tidak bisa booting jangan panik, coba periksa MBR (master boot record) mungkin rusak. Jika memang rusak kita bisa membuatnya kembali dengan fitur yang ada di windows 95, 98 ME,atau dari program antivirus atau utility lain, caranya masukan disk start up lalu ketik FDISK / MBR.
Untuk mengembalikan file yang hilang pada windows 95, 98, atau Me (bukan windows 2000 atau xp), nyalakan PC dengan disket windows start up, dan setelah muncul prompt A: , ketikan SYS C: lalu klik enter. Computer akan mengcopy system-system file dari disket ke hardisk.
Jika anda memiliki aplikasi system suite atau system works, berarti sudah ada fasilitas disk manajemen atau recovery di dalamnya. Ini cukup berati untuk mengaman kan komputer anda dari kerusakan system.

2. Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting
Cara Mengatasinya :
Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep :
Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik
Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory
Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card
Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity
Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video
- Cek dengan menggunakan software diganosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll
- jika berdasarkan hasil diagnosa sesuai dengan ciri-ciri bunyi Beep
di atas, cek kembali apakah perangkat yang disebutkan di atas itu apakah sudah terpasang dengan benar, atau kalau perlu diganti beli baru saja.

3. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8)
Cara Mengatasinya :
- restart kembali komputer anda
- jika masih trouble install ulang windows anda
- jika masih safe mode juga, berarti Hardisk anda bermasalah
- cek dengan : scan disk

4. Komputer tampak lamban saat start-up


Jika anda memiliki system configurasi utility
• Pilih tab star-up dan bersihkan kotak cek untuk program yang tidak anda ingin muat setiap kali windows dimuat, saat pertama menyalakan komputer.
• Pilih tab win ini dan klik tanda tambah di sebelah bagian (windows). Cari baris yang diawali dengan load = atau = run, dan bersihkan kotak cek untuk item yang tidak ingin anda muat.
• Pilih OK, kemudian keluar dari program system configuration dan restart windows.

1 komentar:

  1. Yah kalo PC tidak menyala kan emang gak bisa ngapa2in itu komputer hehehe......Nice artikel gan. Oh ya gan bagi tipsnya dong jika kita mau menggunakan jasa Sewa Komputer. Untuk balasannya makasih banyak gan...

    BalasHapus