putra mandaya

Mengenai Saya

Foto saya
gaya hidup masa kini...

Senin, 09 Mei 2011

Riwayat hidup imam bukhari

Riwayat hidup imam bukhari

A. Kelahiran dan masa kecil imam bukhari

Imam bukhari lahir di Bukhara,Uzbekistan,asia tengah.nama lengkapnya addalah abu abdullahmuhamad bin ismail bin Ibrahim bin al-mughirah bin badrdizbah al-ju’fiy al-bukhari, namun beliau lebih dikenal dengan nama bukhari . beliau lahir pada hari jum’at , tepatnya pada tanggal 13 syawal 194 hijriyah(21 juli 810 masehi). Kakeknya bernama bardizbeh , turunan persi yang masih beragama Zoroaster. Tapi orang tuanya , bughoerah telah memeluk islam dibawah asuhan al- yaman el-ja’fiy . sebenarnya masa kecil imam bukhari penuh dengan keprihatinan.dismping menjadi anak yatim, juga tidak dapat melihat karena buta (tidak lama setelah lahir, beliau kehilangan penglihatannya tersebut). Ibunya senantiasa berusaha dan berdo’a untuk kesembuhan beliau. Alhamdulillah, dengan izin dan karunia allah menjelang usia sepuluh tahun sembuh secara total.
Imam bukhari adalah ahli hadits yang termashur diantara para ahli hadits sejak dulu hingga kini bersama dengan imam ahmad, imam muslim abu daud, at-tarmidji,an-nasai dan ibnu majah.bahkan dalam kitab-kitab fiqih dan hadits, hadits-hadits beliau memiliki derajat yang tinggi.sebagian menyebutnya dengan julukan amirul mukminin fil hadits (pemimpin kaum mukmin dalam hal ilmu hadits).dalam bidang ini hampir semua ulama didunia merujuk kepadanya.
Tempat beliau lahir kini termasuk wilayah rusia, yang waktu itu memang menjadi pusat kebudayaan ilmu pengetahuan islam sesudah madinah,damaskus dan bagdad. Daerah itu pula yang telah melahirkan filosof-filosof besar seperti al-farabi dan ibnu sina.bahkan ulama-ulam besar seperti zamachsari,al-durdjani,al-bairuni dll,juga dilahirkan di Asia tengah.sekali pun daerah tersebut telah jatuh dibawah kekuasaan Unisovyet (rusia),namun menurut alexandre benningsen dan Chantal lemercier quelquejay dalam bukunya “islam in the sivyet union”(new York,1967),pemeluk islamnya masih berjumlah 30 milliun.jadi merupakan daerah yang pemeluk islam-Nya nomor lima besarnya di dunia setelah Indonesia, Pakistan,india, dan china.



B.Keluarga dan guru imam bukhari

Bukhari dididik dalam keluarga ulama yang taat beragama.dalam kitab as-siqap,Ibnu hibban menulis bahwa alahnya dikenal sebagai orang yang wara’ dalam arti berhati-hati terhadap hal-hal yang hukumnya bersifat syubhat(ragu-ragu),terlebih-lebih terhadap hal-hal yang siatnya haram.ayahnya adalah seorang ulama bermadzhab Maliki dan merupakan mudir dari imam malik seorang ulama besar dan ahli fiqih.ayahnya wafat ketika bukhari masih kecil.
Perhatiannya kepada ilmu hadits yang sulit dan ruit itu sudah tumbuh sejak usia 10 tahun, hingga dalam usia 16 tahun beliau sudah hafal dan menguasai buku-buku seperti”al-Mubarak” dan “al-waki”.bukhari berguru kepada syeh ad-Dahili,ulama ahli hadits yang mathur di Bukhara.pada usia 16 tahun bersama keluarganya, ia mengunjungi kota suci mekah dan Madinah,dimana dikedua kota suci itu beliau engikuti kuliah para guru-guru besar ahli hadits.pada usia 18 tahun beliau menerbitkan kitab pertamanya”qudhaya as Shahabah wat tabi’ien “(peristiwa-peristiwa hokum dizaman sahabat dan tabi’ien).
Bersama gurunya syeh Ishak,beliau menghimpun hadits-hadits shahih dalam satu kitab,dimana dari satu juta hadits yang diriwayatkan oleh 80.000 perawi disaring lagi menjadi 7275 hadits diantara guru-guru beliau dalam memperoleh hadits dan ilmu hadits antara lain adalah Ali bin Al-Madini,Ahmad bin hambali,Yahya Bin Ma’in,Muhammad Bin Yusuf Al-Fariyabi,Maki Bin Ibrahim Al Bakhi, Muhammad Bin Yusuf Al Baykandi dan Ibnu Rahwahi.Selain itu ada 289 ahli hadits yang haditsnya dikutip dalam kitab shahih-Nya.

C.Kejeniusan Imam Bukhari
Bukhari diakui meiliki daya hafal yang tinggi,yang diakui oleh kakaknya Rasyid Bin Ismail. Dalam pembelajarannya Bukhari tidak pernah membuat catatan kuliah.Ia sering dicela membuang waktu karena tidak mencatat namun Bukhari diam tidak menjawab.suatui hari karena merasa kesal terhadap celaan itu Bukhari meminta kawan-kawannya membawa catatan mereka,kemudian beliau membacakan secara tepat apa yang pernah disampaikan selama dalam kuliah dan ceramah tersebut.tercengahlah mereka semua,lantaran Bukhari ternyata hafal diluar kepala 15.000 hadits,lengkap dengan keterangan yang tidak sempat mereka catat.
Ketika sedang Berada di Bagdad,Imam Bukhari pernah didatangi 10 orang ahli hadits yang ingin menguji ketinggian ilmu beliau. Dalam perteuan itu,10 ulama tersebut mengajukan 100 buah hadits yang sengaja “diputar-balikkan” untk menguji kehafalan Imam Bukhari,ternyata hasilnya mengagumkan.Imam bkhari mengulns kembali secara tepat masing-masing hadits yang salah tersebut,lalu mengoreksi kesalahannya, kemudian membacakan hadits yang benarnya.ia menyebutkan hadits yang salah tersebut diluar kepala,secara urut sesuai pananya dan urutan hadits yang ditanyakan,kemudian membetulkannya.inilah yang sangat luar biasa dari sang Imam,karena beliau mampu manghapal hanya dalam waktu satu kali dengar.
Selain terkenal sebagai seorang ahli hadits,Imam Bukhari ternyata tidak melupakan kegiatan lain,yakni olahraga.ia misalnya sering belajar memanah sampai mahir,sang Imam tidak pernah luput dari memanah kecuali hanya dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar